Articles - Indonesian

Sialang Raw Forest Honey : Cerita di balik Madu Manis

By December 1, 2020 February 9th, 2021 No Comments
Sialang Raw Forest Honey

Mari kita telusuri kembali kisah di balik Sialang Raw Forest Honey Javara.
Terletak di Indonesia, ‘Bukit Tiga Puluh’ (Tiga Puluh Bukit), area lanskap hutan dengan luas 400.000 ha di Pulau Sumatera ini merupakan rumah bagi 3 spesies Sumatera yang berada di ambang kepunahan, yaitu Harimau Sumatera, Gajah, dan Orang Utan. Tak hanya itu, hutan ini juga menjadi rumah bagi Pohon Sialang (Koompassia Excelsa), salah satu tumbuhan endemik yang dianggap sebagai pohon keramat oleh penduduk setempat.

Cabang rimbun dari Pohon Sialang ini berlimpah dengan lebah-lebah liar beserta sarang madunya, yang menjadi sumber koleksi Sialang Raw Forest Honey kami. Satu pohon sendiri dapat memiliki 10 hingga 30 sisir lebah yang tergantung di cabangnya. Koleksi Madu Sialang kami diproduksi dengan ritual dan kearifan adat yang bertujuan untuk melindungi ekosistem hutan.

Sialang Raw Forest Honey diproduksi oleh Lebah Madu Apis Dorsata. Keterampilan yang dibutuhkan untuk memanen madu ini juga ahrus khusus profesional karena harus dikumpulkan dari Pohon Sialang yang dapat tumbuh hingga setinggi 50 – 80 meter. Proses panen dilakukan dengan memikirkan sustainability ekosistem dan menggunakan metode ritual tradisional, memastikan bahwa sebagian dari sisir lebah masih utuh untuk memungkinkan kelangsungan hidup koloni lebah. Kami bangga menawarkan madu ini, di mana kami akan memastikan traceability dan dampaknya terhadap kelestarian hutan serta penerapan perdagangan etis. Suku-suku lokal seperti Suku Talang Mamak memegang teguh kearifan asli mereka untuk memastikan bahwa makanan yang dipanen dari lanskap hutan dapat tetap menghargai alam dan kelestariannya.

Berbeda dengan proses panen pada umumnya, di Sialang Raw Forest Honey, respect dan gratitude merupakan nilai esensial yang diterapkan dalam proses pengumpulan madu. Dimulai dari area ‘Bukit Tiga Puluh’ yang indah, bersama dengan Partnership for Forests, kami dengan bangga mempersembahkan kepada Anda koleksi Madu Sialang Javara yang murni dan dapat dilacak (traceable).

Yang kami maksud dengan ‘dapat dilacak’ adalah mengenai pepohonan yang dapat dilacak. Untuk berbagi pengetahuan dan kesadaran akan sumber makanan yang kita konsumsi, setiap Pohon Sialang tempat kami mengumpulkan madu diberikan geo-tag dan QR-code yang memungkinkan pelanggan kami untuk melacak kembali sumber pohon dari setiap toples Sialang Raw Forest Honey kami. Anda mungkin ingin mencoba meng-scan salah satu QR-code ini.

Dengan melibatkan para pengumpul madu dalam proses pembuatannya, kami menjamin kualitas madu, serta menjaga keutuhan enzim, serta semua proses yang terlibat dalam proses pembuatan. Madu Sialang sendiri diekstraksi secara manual dan penurunan kandungan air dilakukan dengan teknis dehumidifikasi, tanpa melibatkan pemanasan yang dapat merusak enzym.

Koleksi Produk Madu Sialang merupakan hasil kerjasama dengan Partnership for Forests.

Koleksi Madu Sialang kini telah tersedia di Javara Store kami dan distribusi online di Indonesia, siap dinikmati bagi Anda pecinta madu. Untuk detail selengkapnya, Anda bisa membaca produk kami di sini. Link Koleksi Madu Hutan Mentah Sialang kini telah tersedia di Javara Store kami dan saluran distribusi online di Indonesia, siap disajikan untuk Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca produk kami di sini. Sialang Raw Forest Honey

Ikuti terus update Javara di Instagram kita ya! @javaraindonesia

admin

About admin

Leave a Reply

Open chat
Want to purchase?
Hello, What Would You Like To Purchase?