Articles - Indonesian

Mentega, Olive Oil, Minyak Kelapa: Manakah yang Lebih Sehat?

By April 6, 2021 No Comments

Bagi yang gemar memasak, pasti tidak asing lagi dengan mentega (butter), minyak zaitun (olive oil), maupun minyak kelapa (coconut oil). Ketiga bahan ini sering dijadikan bahan saat menumis, membuat kue, ataupun untuk aktivitas memasak lainnya. Namun, antara mentega, olive oil, dan minyak kelapa, manakah yang paling baik bagi tubuh?

Banyak yang beranggapan bahwa olive oil adalah pilihan yang lebih sehat dibanding minyak-minyak maupun mentega yang beredar di pasaran. Maka, banyak yang menggunakan olive oil sebagai pengganti untuk minyak konvensional, terutama ketika sedang melakukan diet sehat. Namun, tahukah Anda bahwa minyak kelapa ternyata jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan olive oil maupun mentega?

Serial edukasi Trust Me I’m a Doctor yang ditayangkan oleh BBC mencoba mengangkat topik tentang 3 jenis produk yang banyak digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, yaitu minyak zaitun (olive oil), mentega (butter), dan minyak kelapa (coconut oil). Melalui survey yang melibatkan 100 orang sukarelawan, kadar kolesterol dari ketiga produk tersebut dibandingkan. Hasil riset menunjukkan bahwa sukarelawan yang mengonsumsi mentega mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat/LDL. Sementara sukarelawan yang mengonsumsi olive oil mengalami sedikit penurunan LDL yang tidak terlalu signifikan. Yang mengejutkan, sukarelawan yang mengonsumsi minyak kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sebesar 0,09 milimol per liter, tertinggi dibandingkan dengan mentega maupun olive oil.

Selain itu, di antara ketiga jenis produk tersebut, minyak kelapa lah yang mampu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 15% dibandingkan mentega maupun olive oil yang hanya mampu menaikkan kadar HDL sebesar 5%. HDL/kolesterol baik membantu mengurangi LDL/kolesterol jahat. Sehingga, semakin banyak kolesterol baik yang terkandung dalam tubuh dibanding kolesterol jahat, maka lebih baik juga efeknya bagi kesehatan tubuh kita.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, ternyata minyak kelapa juga memiliki kebaikan lain yang tidak dimiliki oleh mentega dan minyak zaitun, yaitu adanya kandungan asam laurat pada minyak kelapa yang berperan untuk meningkatkan imunitas terhadap virus, bakteri, dan jamur.

International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research dalam publikasinya pada 1 Juni 2010 dengan judul “COCONUT OIL: THE HEALTHIEST OIL ON EARTH” menyatakan bahwa minyak kelapa adalah minyak tersehat di dunia, karena selain menurunkan kolesterol, meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki fungsi pencernaan, juga merupakan minyak paling aman untuk dikonsumsi penderita diabet karena dapat membantu meregulasi kerja insulin dalam tubuh. Kandungan minyak kelapa memperlambat proses perubahan karbo menjadi gula sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Disebutkan juga bahwa medium chain fatty acids yang terkandung dalam minyak kelapa membantu meningkatkan fungsi metabolisme, di mana lemak yang ada menghasilkan energi yang dapat membakar cadangan lemak dalam tubuh sehingga konsumsi minyak kelapa justru dapat membantu menurunkan berat badan.  Dr. Bruce Fife, salah satu ahli terkemuka dunia di bidang dietary fats and oils di dalam bukunya The Coconut Oil Miracle yang dipublikasi pertama kali pada tahun 2003 merupakan perintis yang membangkitkan kebangkitan kesadaran masyarakat luas di dunia barat tentang kehebatan dari minyak kelapa untuk kesehatan.

Berbagai hal di atas memberikan reputasi minyak kelapa sebagai superfood dan minyak tersehat dibanding produk-produk lainnya dan menjadi bagian tren pola hidup sehat di berbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika, dan Australia.

Untuk semakin memperkuat manfaat yang didapatkan oleh konsumen, Javara menghadirkan Minyak Goreng Kelapa yang bersertifikasi organik sesuai standar US-NOP (Amerika Serikat), Eropa, JAS (Jepang), dan SNI Organik (Indonesia). Dengan demikian, seluruh proses RBD yang dilakukan dalam proses produksi Minyak Goreng Kelapa Javara sepenuhnya bebas dari bahan kimia dan sesuai dalam kaidah organik secara internasional.

Selain itu, Minyak Goreng Kelapa Javara memiliki aroma dan rasa yang netral, bebas dari bau tengik, sehingga bisa digunakan sebagai substitusi mentega dalam resep-resep baking (kue kering, cakes, roti) atau substitusi olive oil pada penggunaan resep pasta dan salad dressing.

Coba bandingkan, dengan segala kebaikan dari Minyak Goreng Kelapa Javara, jauh lebih terjangkau dan ekonomis dibandingkan mentega dan olive oil, apalagi jika dibandingkan dengan yang berkualitas sertifikasi organik internasional.

Dengan Minyak Goreng Kelapa Javara, seluruh kebutuhan Anda terhadap minyak dan mentega untuk beragam menu masakan dan metode memasak dapat terpenuhi. Menggoreng (deep frying), menumis, memanggang, bahkan untuk minyak salad, minyak popcorn, bahan tambahan pada smoothies, dan makanan bayi, semuanya dapat dilakukan dengan Minyak Goreng Kelapa Javara.

Khusus berbicara soal gorengan, orang Indonesia adalah penggemar gorengan untuk berbagai jenis hidangan.Mulai dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), hingga hidangan penutup (dessert), banyak sekali menu yang bisa dimasak dengan digoreng. Frekuensi menggoreng yang lumayan tinggi ini membuat minyak goreng menjadi salah satu bahan memasak yang wajib dibeli ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari. Bagi para pencinta gorengan, Minyak Goreng Kelapa Javara merupakan pilihan tepat dan merupakan minyak goreng kelapa terbaik. Selain memberikan rasa renyah tanpa meninggalkan rasa terlalu berminyak, Minyak Goreng Kelapa Javara aman digunakan hingga 6x penggorengan, sehingga membuatnya menjadi sangat ekonomis!

Walau banyak sekali jenis minyak goreng yang beredar di pasaran, dengan kemasan serta harga yang beragam, Minyak Goreng Kelapa Javara hadir sebagai solusi bagi yang mencari minyak goreng kelapa terbaik yang berkualitas organik, bebas bahan kimia, bebas rasa tengik, namun juga hemat.

Wah, kapan lagi bisa mendapatkan produk berkualitas premium, baik untuk kesehatan, tapi sekaligus ekonomis? Yuk jadikan Minyak Goreng Kelapa Javara sebagai minyak goreng sehat andalan di rumah Anda dan rasakan berbagai manfaat dan keuntungannya!

admin

About admin

Leave a Reply

Open chat
Want to purchase?
Hello, What Would You Like To Purchase?