KONTRAK BERLANGGANAN LAYANAN

Kontrak Berlangganan Layanan ini (selanjutnya disebut sebagai Kontrak Berlangganan) disepakati dan ditandatangani oleh dan antara Para Pihak yang tercantum dan bertandatangan di dalam Formulir Berlangganan. Selanjutnya disebut sebagai Formulir Berlangganan. Selanjutnya PELANGGAN telah menyepakati dan akan mematuhi dan melaksanakan ketentuan yang tercantum di dalam Formulir Berlangganan dan Kontrak Berlangganan berdasarkan dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

PASAL 1
HAK DAN KEWAJIBAN JAVARA

1.1. JAVARA berkewajiban untuk menyediakan Layanan berdasarkan yang tercantum dalam Formulir Berlangganan.

1.2. JAVARA berkewajiban untuk melakukan operasional Layanan.

1.3. JAVARA berhak menerima pembayaran atas segala biaya sehubungan dengan penggunaan Layanan oleh PELANGGAN secara tepat waktu dan tepat jumlah.

1.4. JAVARA berhak melakukan Isolir atau Terminasi, termasuk juga hal lainnya dalam hal PELANGGAN tidak dapat memenuhi kewajibannya yang tercantum di dalam Form Berlangganan dan/atau melanggar ketentuan Kontrak Berlangganan ini.

1.5. JAVARA tdak bertanggung jawab atas penggunaan Layanan JAVARA oleh PELANGGAN, dan JAVARA tidak bertanggung jawab atas segala kerugian dalam bentuk apa pun yang timbul akibat penggunaan Layanan JAVARA oleh PELANGGAN terhadap Pihak Ketiga lain.

PASAL 2
HAK DAN KEWAJIBAN PELANGGAN

2.1. PELANGGAN memiliki hak untuk menggunakan Layanan sesuai dengan yang tercantum dalam Formulir Berlangganan.

2.2. PELANGGAN berkewajiban untuk membayar segala bentuk biaya Layanan sesuai dengan ketentuan dan tarif yang berlaku, secara tepat waktu dan tepat jumlah.

2.3. PELANGGAN wajib memberitahukan secara tertulis kepada JAVARA untuk setiap perubahan data PELANGGAN, termasuk namun tidak terbatas pada informasi tentang alamat penagihan.

2.4. PELANGGAN dengan ini setuju untuk membebaskan dan melepaskan JAVARA dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian dari pihak manapun dan dalam bentuk apapun, sehubungan dengan pelanggaran yang dilakukan oleh PELANGGAN di dalam Form dan Kontrak Berlangganan ini maupun syarat dan ketentuan JAVARA lainnya.

PASAL 3
BIAYA DAN PEMBAYARAN

3.1. PELANGGAN berkewajiban menyerahkan Uang Deposit kepada JAVARA setelah Form Berlangganan ditandatangani atau paling lambat sebelum dilakukannya transaksi berlangganan. Kontrak Berlangganan diakhiri dan/atau sudah tidak memiliki kewajiban pembayaran dalam bentuk apapun kepada JAVARA.

3.2. JAVARA berhak untuk memotong atau tidak mengembalikan Uang Deposit, apabila PELANGGAN melakukan terminasi (mengakhiri/memutuskan berhenti) Layanan sebelum masa minimum berlangganan, dan/atau pelanggaran/kelalaian lain PELANGGAN yang menimbulkan kerugian bagi JAVARA.

3.3. Pembayaran Biaya Bulanan dan biaya lainnya yang timbul seperti tercantum dalam Formulir Berlangganan, dan akan dikenakan oleh JAVARA dikemudian hari, harus dibayarkan dengan cara transfer kepada Rekening JAVARA sesuai yang tercantum di dalam Invoice JAVARA, dengan biaya transfer ditanggung oleh PELANGGAN.

3.4. Pembayaran Biaya Bulanan dilakukan paling lambat tanggal 10 (Sepuluh) bulan berjalan. Dalam hal PELANGGAN belum menerima Invoice dari JAVARA untuk Biaya Bulanan sampai tanggal 5 (lima) bulan berjalan, PELANGGAN wajib meminta Javara/MCF untuk mengirimkan Invoice melalui surat elektronik (e- mail) dan/atau cara lainnya.

3.5. Segala bentuk biaya terkait Layanan yang tercantum di dalam Form dan Kontrak Berlangganan ini belum termasuk Pajak terkait di dalamnya.

3.6. Seluruh pajak dan bea materai serta biaya-biaya lain yang timbul akibat

pelaksanaan Form dan Kontrak Berlangganan ini akan ditanggung oleh PELANGGAN.

PASAL 4
KOMPENSASI DAN KONSEKUENSI

4.1. Apabila PELANGGAN karena alasan apapun belum melakukan kewajiban pembayaran sampai dengan tanggal 10 (sepuluh) bulan berjalan (selanjutnya disebut sebagai tanggal jatuh tempo), maka JAVARA berhak melakukan Isolir.

4.2. Apabila kemudian PELANGGAN melunasi biaya-biaya yang menjadi kewajibannya setelah dilakukan Isolir, maka JAVARA akan menghentikan Isolir dan menyalurkan/menyediakan kembali Layanan paling lambat 2 (dua) hari kerja, terhitung sejak PELANGGAN melakukan pembayaran.

4.3. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan, (terhitung sejak tanggal jatuh tempo) PELANGGAN belum melunasi kewajiban pembayarannya tersebut, maka JAVARA akan melakukan Terminasi Layanan (non aktif sementara) tanpa perlu memberitahukan terlebih dahulu kepada PELANGGAN. Aktivasi kembali oleh PELANGGAN akan dianggap sebagai proses aktivasi baru dan akan berdampak timbulnya Biaya yang akan dikenakan terhadap PELANGGAN.

4.4. Apabila PELANGGAN menghendaki berhenti berlangganan, maka PELANGGAN diwajibkan melunasi semua kewajiban pembayarannya (termasuk tetapi tidak terbatas pada Biaya lainnya yang dikenakan oleh JAVARA kepada PELANGGAN).

4.5. Apabila PELANGGAN menghendaki pengaktifan kembali Layanan setelah berhenti berlangganan, maka PELANGGAN akan dikenakan Biaya sesuai dengan Ketentuan yang di berlakukan oleh JAVARA.

PASAL 5
HUKUM YANG BERLAKU DAN PERSELISIHAN

5.1. Isi dan pelaksanaan Layanan pada Form dan Kontrak Berlangganan ini tunduk kepada hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

5.2. Setiap perselisihan yang timbul antara PELANGGAN dan JAVARA akan diselesaikan terlebih dahulu secara musyawarah dan mufakat. Apabila PELANGGAN dan JAVARA tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka PELANGGAN dan JAVARA sepakat untuk menyelesaikan perselisihan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) di Jakarta, dimana segala keputusan yang dikeluarkan oleh BANI bersifat final dan mempunyai kekuatan hukum mengikat tetap, serta wajib dilaksanakan dan dipatuhi oleh para Pihak dan tidak akan dilakukan upaya hukum apapun terhadapnya.

PASAL 6
FORCE MAJEURE

6.1. Para Pihak sepakat bahwa apabila ada kejadian-kejadian diluar kemampuan dan kekuasaan Para Pihak (“Force Majeure”) sehingga mempengaruhi pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini maka Pihak yang mengalami keadaan Force Majeure tidak akan dianggap melakukan pelanggaran/kelalaian terhadap Kontrak Berlangganan. Adapun peristiwa yang termasuk Force Majeure antara lain namun tidak terbatas pada kejadian-kejadian:

6.1.1. Gempa bumi, banjir, angin topan, tanah longsor, sambaran petir, epidemi, kebakaran, dan bencana alam lainnya.

6.1.2. Peraturan/kebijakan Pemerintah Republik Indonesia yang secara langsung mempengaruhi pelaksanaan Kontrak Berlangganan.

6.1.3. Perang (dinyatakan/tidak), huru-hara, pemberontakan, kerusakan pada program (software) komputer, sabotase, embargo, pemogokan masal, dan terorisme.

6.2. Pihak yang terkena Force Majeure wajib memberitahukan adanya peristiwa Force Majeure tersebut kepada Pihak lain secara tertulis paling lambat 3 (tiga) hari kalender sejak saat terjadinya peristiwa Force Majeure, disertai bukti – bukti yang sah dan meyakinkan.

PASAL 7
PENGAKHIRAN KONTRAK BERLANGGANAN

7.1. Layanan dan Kontrak Berlangganan akan berakhir apabila terjadi hal-hal sebagai berikut :

7.1.1. Berakhirnya jangka waktu yang terdapat di dalam Form dan Kontrak Berlangganan.

7.1.2. Kesepakatan Para Pihak.

7.1.3. Salah satu Pihak menjadi tidak mampu untuk memulai atau melanjutkan kegiatannya.

7.1.4. PELANGGAN melakukan pelanggaran baik sebagian dan/atau keseluruhan ketentuan yang terdapat di dalam Form dan Kontrak Berlangganan ini, termasuk didalamnya Lampiran, Addendum, dan/atau Dokumen lainnya yang dituangkan dalam bentuk tertulis dan ditandatangani Para Pihak.

7.1.5. PELANGGAN melakukan Hal yang dianggap menimbulkan kerugian bagi JAVARA. Dalam hal ini sebagai bentuk tanggungjawab PELANGGAN wajib memberikan kompensasi ganti kerugian baik atas kerugian materiil maupun immateriil yang dialami JAVARA.

7.2. PELANGGAN yang akan mengakhiri Form dan Kontrak Berlangganan ini wajib memberitahukan secara tertulis kepada JAVARA paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum tanggal pengakhiran Layanan disertai dengan alas an pengakhiran tersebut.

7.3. Dalam hal Form dan Kontrak Berlangganan ini berakhir atau diputuskan, terdapat hak dan kewajiban yang belum dan/atau harus diselesaikan Para Pihak sesuai Ketentuan dalam Form dan Kontrak Berlangganan ini, atau terdapat hak dan kewajiban yang harus diselesaikan Para Pihak berkaitan dengan pengakhiran Form dan Kontrak Berlangganan, maka hak dan kewajiban tersebut wajib diselesaikan dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal pengakhiran Form dan Kontrak Berlangganan.

PASAL 8
LAIN – LAIN

8.1. Form dan Kontrak Berlanganan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terdapat perbedaan interpretasi, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku.

8.2. Semua lampiran dan Addendum Form dan Kontrak Berlangganan ini, merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Kontrak Berlangganan ini, serta berlaku mengikat dan memiliki kekuatan hukum terhadap Para Pihak.

8.3. Form dan Kontrak Berlanganan (termasuk namun tidak terbatas pada Lampiran) ini menggantikan seluruh pernyataan, kesepakatan atau Perjanjian yang telah disepakati sebelumnya baik yang dinyatakan secara lisan maupun tertulis antara Para Pihak.

8.4. Dalam hal terjadi suatu keadaan yang berdampak terhadap suatu Ketentuan (pasal) dalam Kontrak Berlangganan ini di kemudian hari menjadi tidak sah, ilegal, tidak berlaku atau tidak dapat diterapkan, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi legalitas pelaksanaan, tetap berlakunya, dan tetap mengikatnya ketentuan lain yang terdapat di dalam Kontrak Berlangganan ini yang tidak terkena dampaknya terhadap Para Pihak.

8.5. Kontrak Berlangganan ini dibuat rangkap 2 (dua) asli, serta setelah ditandatangani oleh Para Pihak mempunyai kekuatan hukum mengikat yang sama.

8.6. Dengan menandatangani Form dan Kontrak Berlangganan ini, PELANGGAN secara sadar (sengaja) menyatakan dan dianggap telah membaca, memahami dan sepakat terhadap seluruh isi dari Form dan Kontrak Berlangganan (termasuk juga di dalamnya Lampiran), serta telah mendapatkan penjelasan yang cukup dan lengkap mengenai Layanan dan ketentuan Form dan Kontrak Berlangganan.